5 virus paling bahaya

5 virus paling bahaya




1. Code Red
Virus paling berbahaya yang pertama adalah Code Red. Virus ini pertama kali terdeteksi pada bulan Juni 2001. Virus ini masuk dengan memanfaatkan celah pada Microsoft Internet Information Server dan akan merusak berbagai server jaringan pada komputer. Code Red bekerja dengan memenuhi buffer komputer sehingga memori akan terkuras habis.

Bahayanya lagi, virus Code Red mampu menyebar hanya melalui koneksi internet dan mendeface web page yang sedang terbuka. Jadi mereka tidak masuk seperti virus lain yang umumnya membuat jebakan link atau spam email.

Sampai saat ini, Code Red tercatat sudah berhasil merusak lebih dari 400.000 server sekaligus menimbulkan kerugian mencapai 2,6 miliar dollar Amerika.

2. Storm Worm
Storm Worm merupakan virus berjenis trojan yang pertama kali berkeliaran dan terdeteksi pada tahun 2006. Virus ini terkenal sangat mematikan dan merusak karena komputer akan dikendalikan oleh si pembuat virus dan otomatis file – file di dalamnya bisa dimonitor oleh mereka. Storm Worm menyebarkan diri mereka melalui email-email spam yang berisi link jebakan.

Email tersebut bertuliskan 230 dead as storm batters Eropa, dan saat diklik, komputer akan otomatis terinfeksi dan dikendalikan dari jauh untuk menyebarkan virus dari email itu ke target selanjutnya. Oleh karena itu, ketika menerima email dengan teks di atas, jangan sekali – sekali mengkliknya, langsung saja hapus email tersebut.

3. Nimda
Virus ini muncul tepat satu minggu setelah peristiwa penyerangan 9 September 2001. Nama virus ini diambil dari kata Admin yang dieja terbalik. Nimda bekerja dengan melumpuhkan komputer secara total. Sulit sekali memulihkan komputer yang telah terinfeksi oleh virus ini. Sampai saat ini, sudah ribuan komputer di dunia yang berhasil dilumpuhkan oleh Nimda.

Virus ini memiliki banyak cara penyebaran. Diantaranya dari Email spam dengan link jebakan, dari web, menyelinap di file sharing, dan memanfaatkan celah pada Server Microsoft. Menurut kabar yang beredar, Nimda masih beroperasi sampai sekarang, namun pergerakannya sudah melambat. Meski begitu Anda tetap harus waspada terutama ketika mendownload file.

4. Conflicker
Virus yang ditemukan pada bulan Oktober 2008 ini tergolong amat menakutkan karena penyebarannya yang luar biasa cepat. Conflicker mempunyai banyak nama seperti virus Domnadup, Downup, atau Kido. Conflicker menyebarkan dirinya melalui operating sistem Microsoft Windows dan paling banyak menyerang pengguna windows Xp.

Namun fakta paling mengejutkan tentang betapa cepatnya virus ini menyebar adalah melihat data yang diterbitkan oleh halaman The Guardian. Mereka mengumumkan bahwa pada 2009 sekitar 3,5 juta komputer di dunia telah terinfeksi virus ini. Tapi secara tiba – tiba secara mengejutkan keesokan harinya angka ini langsung berlipat menjadi 9 juta komputer yang terinfeksi.

5. Melissa
Bisa dibilang virus Melissa adalah virus paling berbahaya dalam sejarah internet. Bahkan virus ini sempat menjadi bahasan utama berita di seluruh dunia pada 26 Maret 1999. Virus Melissa menyebar melalui attachment email dengan tulisan Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else. Jika email ini diklik, maka secara otomatis komputer akan terinfeksi dan Melissa akan menggandakan dirinya serta mengirimkan email tersebut ke 50 alamat email dalam address book pemilik.

Yang lebih mengejutkannya lagi, pada awal kemunculannya virus Melissa mampu menginfeksi sekitar 20% komputer di seluruh dunia hanya dalam waktu yang amat singkat. Sekarang, meskipun anti virusnya sudah dibuat, tetap saja virus ini tidak bisa dihilangkan secara total.

Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment